PILIHAN



Selalu saja ada pilihan dalam kehidupan. Tidak mungkin tidak. Buktinya akan ada keraguan menyertai dalam setiap mengambil keputusan.  Apapun itu. Hingga akhirnya menikmati hasil dari setiap keputusan yang diambil.


Penerimaan terhadap hasil yang dipilih juga memiliki pilihan. Menerima atau tidak. Pun juga akan tetap ada keraguan yang menyertai. Apabila memilih menerima akan seperti ini, jika memilih tidak akan seperti itu. Intinya, selalu ada pilihan dalam kehidupan.

Memilih 'PILIHAN' memang tidak semudah yang dibayangkan. Itulah mengapa proses ini dibutuhkan kehati-hatian. Tidak boleh tergesa-gesa. Tidak boleh sembarangan. Tidak boleh asal-asalan. Tidak boleh sambil marah (terlalu banyak cerita tentang penyesalan akibat memilih perasaan ini ketika mengambil keputusan).

Pun jangan pula larut dalam proses mengambil keputusan. Banyak pula yang akhirnya kemudian hanya diam di tempat (stagnan), tidak mengalami kemajuan atau kemunduran. Hidup begitu-begitu saja. Jelas ini sangat merugikan.

Proses memilih itu seperti berada di antara kegelapan. Sedangkan kamu hanyalah cahaya kecil yang dikepung olehnya. Begitu menakutkan dan menegangkan. Salah ambil langkah, maka akan dilumat olehnya.

Pun sebenarnya ketika jatuh dalam kegelapan, selalu ada jalan untuk kembali.  Ketika gelap bukan berarti mata tidak melihat, hanya saja terbatas oleh jarak (Kegelapan). Jatuh itu bukan hanya saja tentang sakit, tetapi juga pengalaman. Jika tidak sakit, bagaimana akan tahu bagaimana rasanya sehat.

Jika kamu sedang dalam Fase ini (PROSES MEMILIH), libatkanlah Tuhan untuk menentukan. Karena apapun yang akan terjadi nantinya, ini jalan terbaik yang ditunjukan-Nya.  Tuhan tidak memberikan apa yang kamu inginkan, tetapi yang kamu butuhkan.

Comments