"Percuma Pake Jilbab"

Pernah denger kalimat atau malahan yang bikin kalimat

"Percuma pake jilbab kalo kelakuan masih jelek".

Itu sih jahat banget. Sangat-sangat jahat. Soalnya hari gini masih menggunakan perbandingan penampilan dengan prilaku. Dua hal yang berbeda dipaksain jadi satu.

Bukan masalah apa ya. Kasihan kepada mereka yang sudah berusaha berubah. Kita belum tau sepak terjangnya untuk berusaha menggunakan jilbab. Siapa tau usahanya sudah sampai level jiwa dan raga.

Sudah banyak contoh kasusnya. Mulai dari dimarah-marah, dikucilkan oleh keluarga, diusir dari rumah, dihina, sampai nyawa taruhannya.

Itu kan berat. Seberat-beratnya rindu masih berat hijrah. Perjuangannya itu loh. Bikin ketar-ketir. Sekali goyang, bisa masuk jurang.

Make jilbab itu sudah ada ketentuannya. Udah jelas dan detail. Paket komplet pokoknya. Sekomplit-komplitnya paket makanan, masih komplete tuntunan make jilbab. Perkara dalil-dalil yang menunjukan hal tersebut tinggal dicari aja dah. Mudah kok. Kalo niat ada aja jalannya.

Udah banyak perumpamaan tentang keuntungan make jilbab. Misal

Kita beli buah. Terus ada dua pilihan. Yang satu udah dibungkus rapi dan kelihatan seger banget tuh buah. Satunya lagi ada dipajangan tapi belum dibungkus. Padahal sama-sama seger. Harganya pun gak jauh beda. Cara kita ngelakuin "sesuatu" kebuah itu pasti beda. Kita gak bakal macem-macem sama buah yang udah dibungkus. Sekali loh macam-macam harus beli pokoknya. Itu udah ketentuan. Nah kalo yang dipajangin. Dilihat dulu, diangkat, diraba, dicium, terus kalo gak suka ditarok lagi.

Yang kedua,

Seandainya kalian nongkrong dipinggir jalan (khusus cowok ya). Ada cewek yang lewat. Satunya make jilbab terus pakaian longgar. Ketutup banget dah. Satunya lagi make baju tangan panjang dan celana panjang, tapi ketat banget tuh. Body spanyol masih nampak banget. Biasanya kebanyakan cowok rela gak ngedip ngelihat cewek kedua. Gairahnya bangkit. Ada rasa penarasaran. Masih ada sesuatu yang bisa dilahap sama matanya. Pingin lihat lebih (semoga anda bukan salah satunya). Lah yang pertama, biasanya secara repleks loh bakal ngalihin pandangan. Gak tau apa sebabnya. Tiba-tiba gerak sendiri. Entah itu kesamping, keatas or kebawah. Walaupun terkadang ceweknya cuantik banget. Tetep masih gitu aja. Seandainya dipaksain pun, kayak ada gak enaknya gitu.

Perumpamaan diatas hanya sebagian aja ya. Masih banyak kok yang lain. Tinggal cari aja.

Kembali ke perbandingan antara jilbab dan perilaku. Perkara perilaku masih jelek padahal make jilbab, itumah proses. Gak mungkin mutiara langsung jadi. Perlu proses panjang. Ada proses pembelajaran, siapa tau sikap dia kek gitu sebagai proses adaptasi lingkungan. Dia mau ngasih tau, "gue masih sama kek dulu kok" cuman menuju proses perbaikan. Masih ada rasa takutnya kehilangan kebiasaan lamanya. Tapi percaya dah, Lama-kelamaan juga ntar dia juga sadar. Ada pertanggung jawaban terhadap jilbab yang dipilihnya.

Nah kadang yang jadi masalah, kalimat "Percuma Pake" itu keluar dari orang-orang yang sebenernya tau perkara jilbab. Rusaknya lagi, gak ada upaya buat ngajak berubah. Eh... malah ditinggal. Ini nih kadang sumber masalahnya. Seharusnya dinasehati dengan baik-baik. Sabar. Istiqomah. Kalo bisa kasih contoh yang baik. Insya Allah kelakuannya ngikutin yang baik.

Sekarang yok kita sama-sama rubah pandangan kita. Jika masih yang menggunakan jilbab, tapi kelakuannya sungguh luar biasa. Nasehati terus sampai perubahan itu terjadi.

Comments