Jangan Menyalahkan Apapun

Jangan pernah melibatkan hal apa pun atas segala yang terjadi dalam hidup kita, baik itu kesedihan maupun kebahagiaan. Semua itu terjadi atas segala pilihan yang kita pilih dan juga sudah menjadi jalan hidup yang harus kita lalui. Pada hakikatnya, kitalah yang dipercaya untuk menanggung semua itu.

Percayalah, ada hikmah dibalik apa pun yang terjadi dalam hidup kita. Kalimat ini sudah terlampau sering kita dengar, namun sayangnya beberapa dari kita belum mampu mengimplementasikannya dalam kehidupannya. Memang harus diakui, itu teramat berat.

Apabila mendapatkan kebahagiaan, mungkin terasa lebih mudah. Padahal justru inilah yang terberat. Berapa banyak orang yang tersesat oleh kebahagiaan. Menganggap kebahagiaan sebagai bentuk kasih sayang Tuhan Kepadanya. Itu memang benar adanya, namun juga kita juga harus berhati-hati, barangkali itu adalah sebuah ujian. Karena sudah banyak manusia yang lupa bahwa kebahagiaan juga termasuk ke dalam salah satu ujian kehidupan.

Apabila mendapatkan kesedihan, begitu terlihat sulit. Semua upaya nampaknya tidak membuahkan hasil apapun, hingga menyebabkan kesedihan terjadi berlarut-larut. Seperti tak berkesudahan. Namun di sisi lain, hikmah yang kita dapatkan terkadang lebih mudah dipahami.

Sejatinya, kehidupan hanyalah kesementaraan. Jadikan kesempatan ini untuk mengumpulkan sebanyak mungkin bekal untuk kehidupan abadi nantinya.

Comments